Pada blog ini saya menyediakan kategori yang free dan ada juga mengeluarkan sedikit biaya....skripsi, tesis, dan juga TA yang lengkap dengan isinya. Bagi anda yang mau sedikit ngeluarin doku buat skripsi, TA, Tesis.
Email:
fladjah@gmail.com
YM: fladjah
Untuk bahan-bahan yang belum tersedia disini bisa email or telp/sms dengan mengirimkan Judul atau mungkin bahan yang berkaitan

Abstraksi Tesis Psikologi

Minggu, 06 Desember 2009

PENINGKATAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN KARIR

INTISARI

Pada manajemen karir individual, individu dihadapkan pada pilihanpilihan karir hingga membuat keputusan-keputusan karir. Efikasi diri memiliki peranan yang penting dalam pengambilan keputusan karir.
Efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir adalah keyakinan individu bahwa ia dapat sukses menilai kemampuan dirinya dengan tepat, mengumpulkan informasi-informasi mengenai karir, menyeleksi tujuan karir, membuat rencana-rencana karir untuk masa depan, dan memecahkan permasalahan karir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan perencanaan karir dalam meningkatkan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir. Penelitian ini melibatkan 40 orang yang dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok eksperimen yang terdiri dari 20 orang mendapatkan pelatihan perencanaan karir dan kelompok lain yang juga terdiri dari 20 orang sebagai kelompok kontrol.
Skala efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir diberikan kepada setiap subjek penelitian untuk mengukur efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir. Tes awal diberikan seminggu sebelum pelaksanaan pelatihan perencanaan karir. Tes akhir diberikan sebulan setelah pelaksanaan pelatihan perencanaan karir. Hipotesis diuji menggunakan anava repeated measures. Hasil analisis data menunjukkan bahwa efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir meningkat secara signifikan setelah dilberikan pelatihan perencanaan karir (F=6,45, p<0,05). Ada perbedaan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir yang signifikan pada kelompok eksperimen antara tes awal dan tes akhir (t=-10,709, p<0,05) dan peningkatan rerata efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada kelompok eksperimen adalah 18,8 (tes awal= 155,35 dan tes akhir=174,15).

Kata kunci : efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir, pelatihan perencanaan karir.






Atau yang anda cari ada dibawah ini



0 comments

Posting Komentar

Komentar Pembaca