Pada blog ini saya menyediakan kategori yang free dan ada juga mengeluarkan sedikit biaya....skripsi, tesis, dan juga TA yang lengkap dengan isinya. Bagi anda yang mau sedikit ngeluarin doku buat skripsi, TA, Tesis.
Email:
fladjah@gmail.com
YM: fladjah
Untuk bahan-bahan yang belum tersedia disini bisa email or telp/sms dengan mengirimkan Judul atau mungkin bahan yang berkaitan

Skripsi MIPA

Minggu, 06 Desember 2009

INTISARI
STUDI AWAL UNTUK MENGANALISA KINERJA ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG FISIKA F-MIPA UGM YOGYAKARTA
Telah diteliti kinerja pemakaian energi listrik pada Gedung Fisika F-MIPA UGM Yogyakarta, diperoleh simpulan bahwa nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) pada Gedung Fisika F-MIPA adalah 23,46 kWh/m2-tahun. Dari hasil tersebut, maka audit rinci tidak perlu dilakukan karena nilai IKE yang diperoleh dari audit awal masih di bawah rata-rata nilai IKE standar yaitu 200-230 kWh/m2-tahun. Pencarian kemungkinan penghematan energi dengan meneliti sumber pencahayaan menggunakan lampu uji tetap dilakukan. Tujuan digunakannya lampu uji adalah untuk mengetahui tingkat pencahayaan lampu tersebut untuk dijadikan alternatif dalam penghematan energi. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap lampu uji didapatkan bahwa penggunaan energi listrik untuk
pencahayaan masih dapat dihemat dengan penggantian lampu yang lebih efisien.
Kata kunci : Analisa, Kinerja, Energi listrik


KOMPOSIT TiO2-SiO2 UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN LUNTUR ZAT WARNA MALACHITE GREEN PADA KAIN KATUN
INTISARI
Telah dilakukan preparasi dan karakterisasi komposit TiO2-SiO2 serta uji aktivitasnya dalam meningkatkan ketahanan luntur zat warna malachite green pada kain katun.

Preparasi komposit TiO2-SiO2 dilakukan dengan menggunakan metode sol-gel pada temperatur kamar menggunakan titanium(IV) tetraisopropoksida (TTIP) dan tetraetilortosilikat (TEOS) sebagai prekursor titania dan silika. Pada tahap preparasi telah dipelajari pengaruh variasi mol silika terhadap karakter komposit TiO2-SiO2 yang terbentuk. Karakterisasi dilakukan dengan menggunakan metode spektroskopi UV-Vis, spektrofotometri inframerah, dan difraksi sinar-X. Peningkatan ketahanan zat warna malachite green (MG) pada serat selulose terhadap proses pencucian (leaching fastness) dilakukan dengan pembentukan komposit nanosol TiO2-SiO2-zat warna MG dengan menggunakan metode sol-gel. Pewarnaan dilakukan dengan teknik pencelupan (dip coating). Sol komposit TiO2-SiO2 dicampurkan dengan zat warna malachite green kemudian dilakukan pewarnaan kain. Uji ketahanan luntur warna pada kain (leaching test) dilakukan dengan merendam kain sampel dalam larutan SDS 1% (dalam air) pada temperatur kamar selama 1 jam. Setelah uji ketahanan luntur, reflektansi kain ditentukan dengan reflektansi spekuler UV-Vis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelapisan komposit TiO2-SiO2-MG dan SiO2-MG pada serat selulosa dapat meningkatkan katahanan luntur warna MG, dengan kain berlapis SiO2-MG mempunyai ketahanan luntur yang paling baik.
Kata kunci : TiO2-SiO2, sol-gel, coating, leaching

Atau yang anda cari ada dibawah ini



0 comments

Posting Komentar

Komentar Pembaca