Pada blog ini saya menyediakan kategori yang free dan ada juga mengeluarkan sedikit biaya....skripsi, tesis, dan juga TA yang lengkap dengan isinya. Bagi anda yang mau sedikit ngeluarin doku buat skripsi, TA, Tesis.
Email:
fladjah@gmail.com
YM: fladjah
Untuk bahan-bahan yang belum tersedia disini bisa email or telp/sms dengan mengirimkan Judul atau mungkin bahan yang berkaitan

Tesis Abstract Ilmu Kehutanan

Minggu, 06 Desember 2009

KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT PEMILIK HUTAN TERHDAP PELESTARIAN HUTAN RAKYAT DI SUMBA-BARAT

Intisari

Hutan sebagai salah satu penentu ekosistem penyangga kehidupan dan merupakan sumber kemakmuran bagi rakyat. Keberhasilan pengelolaan hutan tidak bisa lepas dari kesadaran dan pentingnya tindakan pelestarian. Keberhasilan masyarakat dalam memanfaatkan lahan secara optimal disebabkan adanya pengetahuan yang mereka miliki, khususnya pengetahuan tentang kelestarian.Tingkat pengetahuan yang mereka miliki akan memberikan wawasan yang luas serta dapat menumbuhkan sikap untuk mengambil keputusan yang tepat dalam pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survay: 1) Memberikan kuisiner kepada 36 sampel petani pemilik hutan rakyat di Sumba Barat, pengamatan lapangan pada 78 petak ukur pada 4 strata pertumbuhan untuk memperoleh data vegetasi hutan rakyat di Sumba-Barat dan analisis statistik uji kwadrat chi dan metode regresi linier berganda yang digunakan untuk melihat seberapa baik persepsi masyarakat Sumba-Barat dan hubungan antara sistim pengelolaan hutan rakyat (yang ditunjukan dengan indikator jumlah pohon/ha)dengan beberapa faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi hutan rakyat di Sumba Barat pada tingkat semai didominasi jenis: mahoni dan lamtoro, tingkat sapihan: mahoni dan jati, tingkat tiang: mahoni dan nangka dan tingkat pohon: mahoni dan kemiri. Hasil uji kwadrat chi menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat pemilik hutan rakyat di Sumba-Barat (80%) memiliki persepsi yang baik terhadap pelestarian hutan rakyat. Uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor kepemilikan ternak dan luas lahan memberikan pengaruh yang nyata terhadap sistim pengelolaan hutan rakyat di Sumba-Barat. Kepemilikan ternak memberikan pengaruh positif, semakin banyak ternak maka semakin baik pula sistim pengelolaan hutan rakyat. Sedangkan luas lahan memberikan pengaruh negatif bahwa semakin luas lahan yang dimiliki maka semakin buruk pula sistim pengelolaan hutan rakyat yang dilakukan.
Kata-kata kunci : Persepsi, Kelestarian, Hutan Rakyat


POLA PENGELOMPOKAN KOMUNITAS MAMAR DI TIMOR POLA PENGELOMPOKAN KOMUNITAS MAMAR DI TIMOR Intisari Mamar merupakan bentuk pengelolaan sumberdaya lahan yang emaduserasikan kepentingan manusia dan lingkungan. Penelitian bertujuan mengetahui struktur dan komposisi vegetasi komunitas mamar, mengetahui pola komunitas mamar dan peranan faktor lingkungan terhadap komunitas mamar. Hipotesis yang diajukan adalah (1), Komunitas mamar memiliki struktur dan komposisi yang beragam pada setiap mintakat; dan (2) Faktor lingkungan berperan terhadap pengelompokan komunitas mamar. Penelitian dilakukan dengan klasifikasi pemintakatan yaitu I (<200) m dpl, II (200-350) m dpl, III (350-500) m dpl dan IV (> 500) m dpl.
Pada setiap kelas mintakat diambil 4 releve mamar, dilakukan analisis vegetasi dengan metode kuadran untuk semua tingkat pertumbuhan. Data dianalisis berdasarkan indeks keanekaragaman jenis Shannon, Indeks Nilai penting (INP), keharaan dan analisis tandan berdasarkan kerapatan jenis, INP dan faktor lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan struktur dan komposisi vegetasi berbeda pada setiap tingkat pertumbuhan. Jumlah jenis tumbuhan tingkat semai 85 jenis, sapihan 90 jenis, tiang 77 jenis dan pohon 69 jenis. Pemintakatan mamar umumnya lebih banyak pada mintakat (200-500) m dpl, indeks kesamaan antar releve tinggi, peran faktor lingkungan terhadap pengelompokan komunitas rendah. Pengelolaan komunitas mamar dapat ditingkatkan melalui pengelolaannya dalam bentuk unit-unit pengelolaan hutan rakyat berbasis masyarakat.
Kata kunci : Mamar, komunitas, pengelompokan dan pengelolaan

Atau yang anda cari ada dibawah ini



0 comments

Posting Komentar

Komentar Pembaca