Pada blog ini saya menyediakan kategori yang free dan ada juga mengeluarkan sedikit biaya....skripsi, tesis, dan juga TA yang lengkap dengan isinya. Bagi anda yang mau sedikit ngeluarin doku buat skripsi, TA, Tesis.
Email:
fladjah@gmail.com
YM: fladjah
Untuk bahan-bahan yang belum tersedia disini bisa email or telp/sms dengan mengirimkan Judul atau mungkin bahan yang berkaitan

Tesis-tesis Teknik Mesin

Minggu, 06 Desember 2009

DISTRIBUSI TEKANAN DAN UNJUK KERJA AEROFOIL EKOR PESAWAT TERBANG TIPE V PADA ANGKA REYNOLDS RENDAH

INTISARI
Ekor pesawat terbang tipe V adalah hasil penggabungan bagian horisontal dan vertikal ekor dengan membentuk sudut dihedral. Tipe ini mempunyai bentuk dan kontrol lebih sederhana, tapi menghasilkan gaya angkat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perubahan distribusi tekanan antar-muka dan unjuk kerja aerofoil akibat pengaruh sudut dihedral. Aerofoil NACA 0012 dengan variasi sudut dihedral 450, 600, dan 750 diuji dalam terowongan angin pada berbagai sudut serang dan kecepatan aliran udara. Untuk mendapatkan unjuk kerja aerofoil, sebagai perbandingan gaya angkat dan gaya hambat, dilakukan pengukuran dengan timbangan digital. Visualisasi dilakukan menggunakan smoke generator. Hasil penelitian menunjukkan perubahan karakteristik distribusi tekanan akibat interferensi. Pada sudut dihedral 450, koefisien gaya angkat maksimal adalah 0,45, dan perbandingan koefisien gaya angkat dan gaya hambat maksimal 8,5 adalah terbesar dibandingkan sudut lain. Hal ini juga diperlihatkan di grafik koefisien tekanan yang merupakan luasan paling besar. Penurunan gaya angkat terjadi pada sudut serang 120-160. Hasil visualisasi mendukung percobaan yang dilakukan bahwa terjadi interferensi antar-muka aerofoil pada pangkal sayap dan tumbuhnya vortex pada ujung sayap.
Kata kunci : sudut dihedral, aerofoil, low speed wind-tunnel.




Atau yang anda cari ada dibawah ini



0 comments

Posting Komentar

Komentar Pembaca