Pada blog ini saya menyediakan kategori yang free dan ada juga mengeluarkan sedikit biaya....skripsi, tesis, dan juga TA yang lengkap dengan isinya. Bagi anda yang mau sedikit ngeluarin doku buat skripsi, TA, Tesis.
Email:
fladjah@gmail.com
YM: fladjah
Untuk bahan-bahan yang belum tersedia disini bisa email or telp/sms dengan mengirimkan Judul atau mungkin bahan yang berkaitan

Kajian proses kemasakan biji berdasarkan letak polong dan pengaruhnya pada kualitas benih kedelai hitam lokal var. Malika I

Sabtu, 06 Desember 2008

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Kebutuhan akan kedelai hitam terus meningkat seiring berkembangnya industri pembuatan kecap berskala nasional, sehingga dibutuhkan kedelai hitam dalam jumlah besar untuk bahan baku utama industri serta sebagai benih pertanaman kedelai hitam. Hasil produksi yang tinggi dapat dicapai dengan usaha penggunaan dan pengadaan benih kedelai dari jenis unggul yang berkualitas dengan daya hasil yang tinggi dan telah disertifikasi atau dengan mengembangkan kedelai varietas lokal yang banyak terdapat di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memberikan daya hasil/produksi yang tinggi dan setidaknya dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor kedelai untuk konsumsi.
Kedelai hitam varietas lokal terpilih yang telah dimurnikan dapat dilepaskan menjadi varietas unggul nasional sehingga memenuhi kebutuhan petani terhadap benih kedelai hitam unggul bermutu tinggi. Selain itu juga masih perlu diadakan penelitian terhadap kedelai hitam varietas lokal, terutama yang berkaitan dengan sifat fisik dan fisiologis tanaman. Proses metabolisme tanaman dan proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman menentukan tinggi rendahnya daya hasil dan kualitas benih yang akan dicapai saat panen.
Pada biji-bijian leguminosa, perkembangan bertahap dan heterogenitas spasial posisi polong dapat mengakibatkan perbedaan yang besar antarbenih, hal ini dapat dikatakan bahwa kualitas benih dipengaruhi oleh kondisi pembungaan pada tanaman, terutama pada tanaman yang bertipe indeterminit dimana pertumbuhan bunga masih terus berlangsung meskipun bunga yang muncul lebih awal telah membentuk polong (Coste et al., 2001). Letak polong pada tanaman kedelai terkait dengan distribusi asimilat dalam tanaman itu sendiri yang nantinya berpengaruh terhadap kualitas biji (Diggle, 1995 cit. Widyawati, 2004). Maka dari itu, proses kemasakan berdasarkan posisi polong pada tanaman masih perlu dikaji lebih mendalam agar didapatkan waktu yang tepat untuk mendapatkan titik masak fisiologis pada kedelai hitam varietas lokal Malika I.
Download makalah lengkapnya disini, and jangan lupa tinggalkan komentarnya oke

Atau yang anda cari ada dibawah ini



0 comments

Posting Komentar

Komentar Pembaca